Being an Indonesian

When Young Mans Meet their Dream about Indonesia

Menghadapi Era Globalisasi February 7, 2010

Filed under: Opinions — sopyanmk @ 3:41 am
Tags: , , ,

Nama : Ghina Salsabila
No. Absen : 16
Kelas : IX – B

Assalamualaikum wr.wb. Saya akan menjelaskan tentang globalisasi dan sikap saya dalam menghadapi era globalisasi.

Globalisasi secara bahasa berasal dari kata global, yang berarti mendunia dan -sasi yang berarti pergerakan. Maka globalisasi dapat dikatakan mempunyai arti bersatunya negara-negara di seluruh dunia ini tanpa ada batasan-batasan.
Globalisasi dapat terjadi di berbagai bidang, yaitu di dalam bidang ekonomi, politik, sosial-budaya, dan pertahanan dan keamanan.

Dalam bidang ekonomi, contoh globalisasi adalah seperti perdagangan pasar bebas dan AFTA. Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi yaitu dapat memacu pelaku ekonomi agar lebih kreatif dalam berinovasi sehingga produk yang dihasilkan tidak kalah dari produk-produk lain. Sedangkan dampak negatifnya adalah kecenderungan para konsumen untuk membeli produk dari luar karena kualitasnya yang lebih bagus. Hal ini sangat merugikan bagi para pengusaha pribumi. Sikap saya dalam menghadapi hal ini adalah dengan lebih menghargai produk Indonesia dibandingkan dengan produk luar, dan sebisa mungkin mempertahankan produksi barang-barang Indonesia.

Dalam bidang politik, contoh globalisasi adalah seperti kerjasama bilateral anatara dua negara dan multilateral antara banyak negara. Dampak positif globalisasi dalam bidang politik adalah pemerintahan dilakukan secara demokratis dan terbuka. Dan dampak negatifnya adalah terpengaruhnya pemerintahan Indonesia oleh negara lain. Pemerintah sebagai pelaku ekonomi, sangat berpengaruh dalam hal ini.

Dalam bidang sosial-budaya, contoh globalisasi adalah pertukaran pelajar ke luar negeri dan pertukaran budaya. Dampak positif globalisasi dalam bidang sosial-budaya adalah perilaku baik yang dapat ditiru dan dijadikan sebagai acuan bagi negara Indonesia. Sedangkan dampak negatifnya adalah masuknya budaya barat ke Indonesia sehingga membuat para generasi muda lupa akan identitas bangsa mereka sendiri. Dalam menyikapi hal ini, saya sebagai generasi muda akan berusaha tetap melestarikan budaya asli Indonesia dan sebisa mungkin tidak terpengaruh oleh budaya asing yang dianggap lebih ‘up-to-date’ daripada budaya Indonesia yang cenderung kuno.

Dalam bidang pertahanan dan keamanan, contoh globalisasi adalah adanya kerjasama antara beberapa negara dalam upaya meningkatkan keamanan negara sendiri dan negara-negara lain. Dampak positif globalisasi dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah terciptanya kerjasama yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak. Dampak negatifnya adalah tidak semua negara dapat beradaptasi dengan sistem baru dan teknologi yang digunakan. Saya sebagai pelajar hanya dapat berperan sebagai pengamat karena hal ini merupakan tanggung jawab pemerintah sebagai pemimpin negara yang bertanggungjawab atas segala hal yang berhubungan dengan keamanan negara.

Sekian penjelasan yang saya dapat dari beberapa sumber dan pendapat serta sikap saya dalam menghadapi hal tersebut. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengejaan kata. Wassalamualaikum wr.wb.

About these ads
 

3 Responses to “Menghadapi Era Globalisasi”

  1. [...] Menghadapi Era Globalisasi February 2010 5 [...]

  2. ellyati priyanka Says:

    bagus bgt ! :)

    hmmm
    ni yg bwt skul di mana sih???

  3. dexsan Says:

    maaci”..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.